Kamis, 03 Oktober 2013

Wisata Religi Makam sunan Ampel

 Wisata Religi - Makam Sunan Ampel
Surabaya - Jawa Timur,Indonesia
                             
hay guys nih posting ku selanjutnya, cerita liburanku kemaren nih ,wisata religi bareng keluarga sedikit cerita yahh buat nambah wawasan kalian :) .Makam sunan ampel dibangun di sebelah utara komplek pemakaman, dan makamnya dibatasi oleh pagar yang terbuat dari alumunium. Bangunan makam sangat terawat dan terlihat bersih sehingga membuat peziarah khusuk jika melayat/zarah ke makam sunan Ampel. Di samping kiri makam Sunan Ampel yaitu makam istri Sunan Ampel yang bernama Nyai Candrawati. Makam yang pertama kali ada di komplek makam itu yaitu makam dari Sunan Ampel. Kemungkinan makam yang ada di komplek makam yaitu ada dua diantaranya yaitu keluarga Sunan Ampel, dan yang kedua yaitu harta benda atau artefak-artefak berharga yang disembunyikan. 

Di komplek makam ini terdapat juga makam para pengawal dan pengikut Sunan Ampel. Nah yang palng menarik ini nih guys menurut warga sekitar makam Mbah Soleh yang berjumlah sembilan. Konon Mbah Soleh meninggal sembilan kali, karena itu makamnya ada sembilan. Selain itu, terdapat juga makam Mbah Bolong. Semasa hidupnya Mbah Bolong yang memiliki nama asli Sonhaji ini, ahli dalam menentukan arah mata angin. Terutama untuk menentukan arah kiblat. Di tempat ini juga terdapat petilasan Sunan Kalijaga, yang ramai dikunjungi para peziarah.
Semoga bermanfaat ya guys , n' sekali kali perlu banget kalian nyoba wisata religi kaya gini kalian bisa ziarah ke makam-makam wali songo lainnya, ga bakalan rugi deh di jamin kalian bakal dapet pengalaman,ilmu agama,ilmu sejarah para wali n bangunan-bangunan masjid yang bisa manjaain mata kalian dengan seni arsitekturnya. dan ga lupa juga wisata belanja yang ada di sekitar kompleks makam kalian bisa belanja barang barang berbau islami yang ga mungkin bikin kantong kalian jebol guys :D soalnya barang-barang di pasar sunan ampel setengah harga dari harga pasaran normal. semoga bermanfaat ^.^




0 komentar: